Kamis, 12 Desember 2013

KOMUNIKASI

K O M U N I K A S I



A.    Pentingnya Komunikasi
Masalah komunikasi ini inherent(melekat) terhadap kebutuhan manusia. Demikian pula halnya pada organisasi bisnis, komunikasi merupakan sumber kehidupannya. Seperti dinyatakan: komunikasi merupakan “darah sebagai sumber kehidupan” bagi setiap organisasi dan merupakan kunci sukses dalam karir bisnis dan kehidupan pribadi seseorang.(Murphy dan peck 1980;3) jelas bahwa komunikasi sangat penting bagi organisasi bisnis sehingga bila tidak ada komunikasi organisasi itu akan tidak berfungsi.
Dalam organisasi terdapat 2 jalur komunikasi yakni: komunikasi internal dan komunikasi eksternal. Jalur Komunikasi internal yaitu komunikasi dalam organisasi, sangat penting untuk jalannya roda organisasi. Sedangkan jalur komunikasi eksternal diperlukan untuk berkomunikasi dengan orang-orang lain diluar organisasi. Separti relasi, pelanggan, konsumen atau pada masyarakat umumnya. Mempunyai daya jangkau jauh sehingga akan membentuk goodwill (nama baik).

B.    Pengertian Komunikasi
komunikasi adalah suatu proses penyampaian atau penerimaan berita atau informasi dari seseorang ke orang lain. adapun menurut para ahli, yakni:
•    Herbert T, komunikasi adalah proses mentransfer pengetahuan atau makna untuk mencapai tujuan tertentu.
•    Krech, definisi sederhana menyatakan bahwa komunikasi adalah kegiatan menggunakan simbol-simbol dalam rangka menyampaikan informasi tentang suatu objek.

C.    Penerapan Komunikasi Dalam Dunia Bisnis
komunikasi secara garis besarnya dibagi menjadi 2, yakni
1.    Komunikasi kedalam
Komunikasi kedalam itu sesuai dengan tujuan kepada siapa warta itu disampaikan. Dibagi menjadi 2, yakni komunikasi vertikal (penyampaian warta dari pimpinan ke pegawai dan sebaliknya) dengan demikian  komunikasi vertikal dibagi menjadi 2 yaitu komunikasi kebawah (pemberian perintah atau pemberian petunjuk dari pimpinan) dan komunikasi keatas (pemberian laporan dari bawahan ke atasan). Komunikasi horizontal bermaksud menjamin hubungan antar pimpinan yang setingkat dengan cara mengadakan pertemuan-pertemuan.
2.    Komunikasi keluar
Komunikasi keluar juga bertujuan menjamin hubungan yang baik antara pihak atasan dari perusahaan itu dengan pihak luar. Dapat diwujudkan dengan cara telepon, berbicara langsung atau pengiriman surat. Komunikasi keluar itu termasuk pada kategori eksternal function dari manager.
Komunikasi yang dilakukan satu arah amatlah tercela. Hendaknya pimpinan harus menggunakan sistem komunikasi yang cocok, untuk lebih lanjut perlu diterangkan terlebih dahulu unsur yang membangun proses komunikasi.
Unsur tersebut meliputi:
a.    Komunikator, orang yang menyampaikan informasi
b.    Pesan
c.    Media
d.    Komunikan, orang yang menerima informasi
e.    Efek yang terjadi dalam penyampaian komunikasi dari komunikator ke komunikan.
Adapun komunikasi yang cocok dilihat dari:
1.    Keadaan komunikasi atau orang yang menerima pesan
a.    Bahasa
b.    Pendidikan
c.    Latar belakang kehidupan sosial
d.    Perbedaan kedudukan
e.    Jarak
2.    Adanya saluran atau alat-alat komunikasi yang cukup
Dalam kondisi sekarang ini, komunikasi sudah sangat maju. Misalnya:
a.    Manusia
b.    Media lainnya

D.    Komunikasi Dalam Bisnis


1.    Komunikasi dengan langganan
Dikatakan sukses apabila konsumen tetap menjadi langganan dan terbentuk dalam dirinya sikap PATRONAGE BUYING MOTIVE dimana si konsumen jika berbelanja kesebuah toko hanya ingin memakai barang X saja, tidak mau digantikan dengan barang lain
2.    Komunikasi dengan pemerintah
Orang yang bergerak dibidang bisnis harus memahami dan mematuhi peraturan-peraturan  dan kewajiban yang dikeluarkan pemerintah seperti memperpanjang SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan), mendatangi kantor pemerintah bidang ekonomi guna mendapatkan ijin-ijin tertentu,d.l.l
3.    Komunikasi dengan masyarakat
Perusahaan hidup ditengah-tengah masyarakat, sehingga antara keduanya terjalin kerjasama dan terjalin komunikasi.

E.    Teknik Komunikasi Bisnis
Banyak cara dapat dilakukan dalam komunikasi dalam bisnis, diantaranya:
a.    Mencetak bulletin
b.    Membuat film dokumenter
c.    Publicity
d.    Promosi

Teknik-teknik yang dapat dipilih dalam komunikasi persuasif adalah:
1.    Teknik asosiasi: penyajian pesan komunikasi dengan cara menumpahkannya pada suatu objek atau   peristiwa yang sedang menarik perhatian khalayak
2.    Teknik integrasi: kemampuan komunikator untuk menyatukan diri secara komunikatif dengan komunikan
3.    Teknik ganjaran: kegiatan untuk mempengaruhi orang lain dengan cara mengiming-iming hal yang menguntungkan atau yang menjadikan harapan
4.    Teknik tataan: upaya menyusun komunikasi sedemikian rupa sehingga enak didengar atau dibaca serta termotivasi untuk melakukan sebagaimana disarankan oleh pesan tersebut
5.    Teknik red-herring: seni seorang komunikator untuk meraih kemenangan dalam perdebatan dengan menggelakkan argumentasi yang lemah untuk kemudian mengalihkannya sedikit demi sedikit ke aspek yang dikuasainya guna dijadikan senjata ampuh dalam menyarang lawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar