P E M A S A R A N
Pemasaran merupakan bagian yang penting berhubungan dengan pasar, karena pasar yang ada sekarang merupakan pasar pembeli dimana terjadinya kegiatan transaksi jual beli tergantung pada putusan pembeli.
Menurut beberapa ahli pengertian pemasaran sebagai berikut
• William J Stanton
Pemasaran adalah keseluruhan intern yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang akan memuaskan pembeli.
• Philip dan Duncan
Pemasaran meliputi semua langkah yang digunakan atau diperlukan untuk menempatkan barang-barang berwujud kepada konsumen
• American Marketing Association
Pemasaran meliputi pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen dan konsumen.
Fungsi utama mengapa pemasaran dilakukan:
a) Untuk memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan
b) Untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen
c) Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang
2.Hubungan Pasar dan Pemasaran
Sebelum mengetahui kita harus juga harus tahu arti dari pasar,
Menurut kumpulan dari beberapa ahli, Pasar adalah suatu daerah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan permintaan dan penawaran hingga terbentuknya harga guna mencapai kepuasan.
Dengan melihat pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa faktor terbentuknya pasar:
1. Orang-orang yang memiliki keinginan untuk terpuaskan
2. Daya beli konsumen
3. Tingkah laku pembeli atau setelah pembelian
4. Harga yang disetujui kedua belah pihak (penjual dan pembeli)
Jadi hubungan pemasaran dan pasar sangatlah erat , karena pasar merupakan tempat transaksi jual – beli, sedangkan pemasaran merupakan kegiatan bagaimana produksi agar terjual dan dapat memuaskan keinginan pembeli sehingga pembeli akan membeli produk perusahaan yang sama setelah mereka cocok dan puas akan produk yang bersangkutan.
3.Cara Mempelajari Pemasaran
Dilakukan dengan beberapa pendekatan, diantaranya:
A. Pendekatan serba fungsi
Pendekatan serba fungsi mempelajari pemasaran dilihat dari apa saja kegiatan pokok pemasaran yang dilakukan. Diantaranya:
i) Pembelian
ii) Pengangkutan
iii) Penjualan
iv) Penyimpanan
Fungsi dari penyimpanan adalah:
(1) Bagi produsen untuk menstabilkan harga, atau karena produksi yang terus-menerus atau pembelian terus-menerus
(2) Spekulasi pembentukan harga produksi
(3) Efisiensi dana
v) Pembelanjaan
vi) Penanggungan resiko
vii) Standarisasi dan grading
viii) Pengumpulan informasi pasar
B. Pendekatan serba lembaga
Pendekatan serba lembaga mempelajari pemasaran dilihat dari organisasi/lembaga apa saja yang terlibat dalam pemasaran. Diantaranya:
1. Produsen sebagai penghasil barang jadi
2. Supplier sebagai penyedia bahan jadi
3. Perantara pedagang
4. Perusahaan saingan
5. Konsumen
C. Pendekatan serba barang
Pendekatan serba barang mempelajari tentang bagaimana barang berpindah dari tangan produsen ke tangan konsumen.
Barang adalah suatu sifat yang komplek baik yang dapat diraba maupun tidak termasuk bungkus, warna, mutu, harga, prestise perusahaan maupun pengecer, pelayanan pengecer maupun perusahaan, yang diterima pembeli untuk memenuhi keinginan dan kepuasan
Barang dapat digolongkan menjadi 2, yaitu:
1. Dilihat dari tingkat pemakaian dan kekongkritannya, yaitu:
(a) Barang tahan lama
(b) Barang tidak tahan lama
(c) Jasa
2. Dilihat dari tujuan pemakaian oleh si pemakai
(a) Barang konsumsi
• Barang konvenien
• Barang shopping
• Barang spesial
(b) Barang industri
• Bahan baku
• Bahan setengah jadi
• Instalasi
• Peralatan
D. Pendekatan serba manajemen
Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dilihat dari pendapat manajer dan keputusan yang diambil tentang masalah pemasaran, meliputi produk, harga, promosi, saluran distribusi, persaingan, perkembangan teknologi dan lain lain
E. Pendekatan serba sistem
Pendekatan serba sistem menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga
4. Kegiatan utama pemasaran
Kegiatan utama pemasaran atau marketing mix adalah suatu perangkat perusahaan yang terdiri dari 4 variabel yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan saluran distribusi dengan tujuan untuk menentukan tingkat keberhasilan pemasaran perusahaan yang bisa memberikan kepuasan dalam pemenuhan kepuasan konsumen yang dipilih atau segmen pasar yang dilayani
1. Produk
Produk merupakan hasil dari proses produksi yang akan dijual perusahaan atau dibeli untuk dijual kembali kepada konsumen akhir. Dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
a) Pemilihan produk
Tahap-tahap siklus kehidupan barang dibagi 5 tahapan dimana untuk masing-masing tahap suatu perusahaan harus memasang strategi atau kebijaksanaan yang berlainan untuk menjaga agar kelangsungan hidup perusahaan terjamin. Meliputi:
• Tahap perkenalan
• Tahap pertumbuhan
• Tahap kedewasaan
• Tahap kejenuhan
• Tahap penurunan
b) Pembungkus barang
Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembungkusan diantaranya:
• Bungkus yang membangkitkan hasrat untuk membeli
• Bungkus yang mudah diingat
• Bungkus yang tidak menambah harga jual sehingga tidak dapat bersaing dengan produk sejenis lainnya
• Bungkus yang didesign agar menjaga mutu barang
c) Merk barang
Merk yang dinyatakan dengan kata-kata saja atau disertai gambar sangat penting untuk membedakan perusahaan satu dengan perusahaan lainnya
Banyaknya manfaat yang diperoleh konsumen dari merk membuat produsen menggunakan merk tersebut sebagai strategi pemasarannya dengan jalan perusahaan memproduksi barang yang tidak terlalu berbeda stiap memakai merk tersebut, hal ini digunakan untuk menguasai pasar
2. Harga
A. Pengertian harga
Harga dapat dipandang dengan 2 sudut:
1. Sisi konsumen, harga memegang peranan penting terutama kalau menyangkut sejumlah barang tertentu yang mutunya tidak berbeda jauh
2. Sisi pengusaha atau produsen, harga berkaitan erat dengan ongkos produksi maupun target laba yang diharapkan
B. Cara Penentuan Harga
Ada 2 cara, yaitu:
1. Menentukan Harga yang Sangat Tinggi
Harga yang tinggi ditujukan untuk mengurangi resiko kekeliruan harga yang tidak bisa dinaikkan atau memang bertujuan untuk melayani pembeli yang mampu sajaperusahaan harus menanggung resiko jika barang tersebut sudah di tahap kejenuhan dimana promosi sudh tidak berguna sedangkan pesaing sudah memasuki pasar
2. Menentukan Harga yang Serendah Mungkin
harga serendah mungkin ditujukan untuk meingkatkan volume penjualan perusahaan terutama kalau produksi tersebut baru sampai tahap pengenalan dimana perusahaan tidak terlalu mengharapkan cepat balik modal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar